BAWU Jepara

Trackers 17.17 No Comment
Langsung ke: navigasi, cari
Bawu
—  Desa  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Jepara
Kecamatan Batealit
Kodepos 59461
Luas -
Jumlah penduduk -
Kepadatan -

Rumah lurah Bawu di masa Hindia Belanda
Bawu adalah sebuah desa yang berada di kecamatan Batealit, Kota Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Negara Indonesia.

Daftar isi

Pandangan Geografis

Desa Bawu berada disebelah Utara berbatasan dengan desa Bantrung dan desa Kecapi, sedangkan di sebalah selatan berbatasan dengan desa Ngasem dan Ngabul, pada sebelah barat berbatasan dengan desa Pekalongan, dan di sebelah timur berbatasan dengan desa Mindahan. Iklim didesa Bawu hampir sama dengan desa-desa lain di Kota Jepara, namun di Desa ini, area persawahan sudah mulai terkikis seiring pesatnya industri meubel.

Potensi

Mayoritas penduduk Desa Bawu dahulu banyak yang bekerja sebagai petani karena di desa tersebut terdapat sawah yang luas (Ketika itu). Namun seiring berkembangnya zaman, saat ini semakin banyak Pabrik Meubel yang berdiri di desa ini. Maka tidak heran apabila sekarang ini banyak juga Masyarakat desa Bawu yang berpindah profesi menjadi Buruh di Pabrik-pabrik yang didirikan oleh orang Bawu sendiri atau orang dari luar Negeri. Dan hanya beberapa orang saja (asli Desa Bawu) yang sukses menuai karir dalam dunia Meubel. Bagi para Donatur (orang kaya dari luar Jepara, atau luar Negeri), Desa ini sangat menarik perhatian sekali, karena peluang untuk memajukan usaha sangat besar sekali, apalagi bagi mereka yang sudah memahami dunia Ekspor Meubel, pasti akan tambah Kesem-sem.

Olahraga

PERSEWU adalah singkatan dari Persatuan Sepakbola Bawu, Persewu adalah klub sepakbola satu-satunya dari desa Bawu. Persewu di bentuk oleh Petinggi Desa Bawu untuk berkeinginan ikut serta di Yazztea Jepara League, dan suatu saat nanti pasti akan dapat dicapai. Selain itu, banyak sekali warga Desa Bawu yang memiliki bakat dan skill (dalam olah raga) yang mumpuni, namun rata-rata dari mereka terkendala masalah sarana & prasarana dan kurangnya orang yang bersedia menjadi promotornya. Semoga, kelak Olahraga Desa Bawu akan semakin maju, dan putera-puteri jepara dapat menjadi wakil dalam ajang PON.

Pengembangan

Pengembangan atau yang sering kita tau dengan Pemberdayaan Desa sangatlah penting bagi semua daerah, termasuk juga Desa Bawu yang masyarakatnya dapat dikatakan masih tertinggal daripada desa-desa yang lain. Sementara ini, Desa Bawu dapat dikatakan sudah cukup ada perkembangan (meskipun sedikit), namun semua tetap perlu pantauan khusus dan perlu ada langkah serta solusi khusus apabila ingin Desa Bawu dapat semakin maju dan semakin menjadi idaman warga dan para pendatang.

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !