Bawu blimbing

Trackers 17.19 No Comment

Asal Mula Dukuh Blimbingan Bawu

Legenda ini diceritakan secara turun-temurun oleh warga sekitar. Hingga saat ini, legenda asal-muasal Dukuh Blimbing, Bawu, Batealit, Jepara masih banyak diketahui masyarakat setempat. Seperti yang diceritakan Zazun (60 tahun) kepada Jepararaya.com.
Cerita ini dimulai dari keberadaan pohon belimbing yang sangat besar di wilayah tersebut. Diceritakan Zazun, dulu, di salah satu wilayah Desa Bawu, Kecamatan Batealit terdapat pohon belimbing yang sangat besar. Pohon tersebut berukuran besar tak seperti pohon belimbing pada umumnya dan berbuah sangat lebat.
Keanehan nampak pada pohon belimbing tersebut. Selain ukurannya yang sangat besar, buah belimbing di pohon tersebut memilik rasa yang berbeda. Separuh dari pohon belimbingnya memiliki rasa yang sangat manis, separuhnya lagi buahnya berasa sangat asam.
Keanehan lainnya, di bawah pohon belimbing tersebut terdapat banyak benda-benda aneh. Mulai dari keris berukuran keciul, batu akik, dan ubarampe sesajian. Warga sekitar mengaku pohon belimbing tersebut  memancarkan aura mistis yang sangat kuat.
Warga sekitar menyakini, pohon tersebut dihuni oleh makluk halus. Orang-orang sekitar sering menyebutnya Mbah Blimbing. Di pohon belimbing itu pula, banyak orang yang berdatangan untuk memenuhi nazarnya. Biasanya yang datang dengan membawa aneka masakan dari daging kambing atau nasi tumpeng. Kemudian makanan tersebut dimakan di tempat itu juga.
Bagi masyarakat yang beruntung, sering kali mendapatkan benda-benda aneh yang bertuah. Seperti yang sudah disebutkan di atas, seperti keris dan batu akik. Konon, barang-barang yang ditemukan tersebut memiliki kasiat. Siapa saja yang mendapatkan batu akik, diceritakan oleh masyarakat setempat, orang tersebut bias mengobati orang sakit.
Entah benar adanya atau tak isi cerita tersebut, yang pasti masyarakat menyakini begitulah asal mula Dukuh Blimbing, Desa Bawu, Kecamatan Batealit, Jepara. Sehingga, oleh masyarakat setempat, tempat dimana pohon belimbing itu tumbuh dan wilayah di sekitarnya dinamakan Dukuh Blimbing. (JR-Dyah)

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !