Mulyoharjo

Trackers 17.22 No Comment

Mulyoharjo
—  Desa  —









59431
Luas -
Jumlah penduduk -
Kepadatan -
Mulyoharjo adalah desa di kecamatan Jepara, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. desa mulyoharjo juga di kenal sebagai sentra industri seni patung dan pahat dari kayu. desa mulyoharjo merupakan cikal bakal dari seni ukir jepara. zaman dahulu terkenal dengan ukiran Macan Kurung.

Administratif

Mulyoharjo terdiri 5 Rt dan 2 RW, Mulyaharjo terdiri atasa beberapa dusun, yaitu:
  • Cumbring
  • Klapan
  • Tepus
  • Bugel
  • Surodadi
  • Godang sawoh dll

Potensi


Mulyoharjo Desa Wisata
Di luar furniture, industri pengolahan kayu di Jepara juga dikembangkan dalam produk kerajinan, termasuk souvenir, Macan Kurung, patung di Mulyoharjo. Terdapat 157 unit usaha yang menggeluti jenis industri ini. Sebanyak 1.095 pekerja yang menggeluti industri ini sepanjang tahun 2008 tercatat menghasilkan 418.737 set / buah produk. Dari produk itu nilai produksi yang dihasilkan adalah sebesar Rp. 3.349.900.000,-. Konsumen di luar negeri memberikan kepercayaan pada perajin di Jepara karena mereka memiliki keunggulan kompetitif yang jauh lebih baik dibanding produsen di tempat lain. Kehalusan finishing dan detail produk yang jauh lebih baik, telah memberikan daya tarik yang luar biasa bagi peminat produk di berbagai belahan dunia.

Rencana

Petinggi Desa Mulyoharjo mempunyai beberapa rencana, diantaranya:
  • Mendirikan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang berupa Warung Masakan khas Kecamatan Jepara di sebelah utara SMP Islam Sultan Agung 3. tepatnya disamping Warung Masakan Khas Kecamatan Jepara. Jadi laba yang didapat dari warung akan masuk kas Pemerintah Desa. Makanan yang dijual seperti: Pindang Serani, Cumi Asam Manis, Tempong Kukus, Tempong Goreng, dll
  • Mengenalkan Macan Kurung dengan cara menjual bebas Gantungan Kunci dengan bentuk Macan Kurung dibawahnya terdapat tulisan Macan Kurung Khas Jepara.

Olahraga

PUMA FC Mulyoharjo (singkatan dari Putra Mulyoharjo Football Club) adalah sebuah klub sepak bola Indonesia yang berbasis di Mulyoharjo. PUMA Mulyoharjo saat ini berlaga di Divisi III Liga Jepara. Pada tanggal 1 Juli 2011, PUMA Mulyoharjo berlaga di partai final dengan melawan Kuwasen FC di Stadion Kamal Djunaedi.

Galeri

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !