Cahaya Surga

Trackers 08.37 No Comment
Cahaya Surga - Dalam surat al-Israa’ : 61-65 : Allah berfirman :”Dan (ingatlah), tatkala kami berfirman kepada para malaikat: ”Sujudlah (Hormat, red.) kamu semua kepada Adam”, lalu mereka sujud kecuali Iblis. Dia berkara :”Apakah aku akan sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah?”
Dia (ibilis) berkata: “Terangkan kepadaku inikah orang yang Engkau muliakan atas diriku? Sesungguhnya jika Engkau memberi tangguh kepadaku sampai hari kiamat, niscaya benar-benar akan aku sesatkan keturunannya, kecuali sebagian kecil”.
Tuhan berfirman :”Pergilah, barang siapa diantara mereka yang mengikuti kamu, maka sesungguhnya neraka Jahanam adalah balasanmu semua, sebagai suatu pembalasan yang cukup. Dan hasunglah siapa yang kamu sanggupi di antara mereka dengan ajakanmu, dan kerahkanlah terhadap mereka pasukan berkuda dan pasukanmu yang berjalan kaki dan berserikatlah dengan mereka pada harta dan anak-anak dan beri janjilah mereka. Dan tidak ada yang dijanjikan oleh setan kepada mereka melainkan tipuan belaka”
Mengkaji ayat tersebut, maka kita mendapat pelajaran yang sangat berharga yaitu
1. Adam dan keturunannya sampai sekarang ini mempunyai kedudukan yang tinggi dihadapan semua makhluk Allah. Semua disuruh menghormat, maka para malaikat langsung menurut perintah Allah, namun ada makhluk Allah yang membangkang dan menolak sebagai bentuk kesombongan yaitu IBLIS.
2. Iblis bersumpah bahwa sampai kiamat akan menyesatkan manusia, kecuali hanya SEDIKIT yang bisa selamat dan tidak akan bisa disesatkan yaitu mereka yang menegakan keimanan dan amal saleh dengan keikhlasan sepenuhnya kepada Allah.
3. Allah menegaskan, bahwa siapa yang mengikuti jalan Iblis, maka tersesat dan disediakan neraka jahanam.
4. Iblis akan berusaha sekuat tenaga untuk mengajak manusia ke jalan sesat dengan mengerahkan pasukan yang berkuda dan pasukan yang berjalan kaki artinya bahwa iblis memiliki kekuatan yang luar biasa kuat dan hebat.
5. Harta dan anak-anak menjadi strategi Iblis untuk menyesatkan manusia, sebab dengan harta manusia mudah sekali digoda, demikian pula anak-anak sebagai keturunannya seringkali melalaikan beribadah dan lupa aka nasal kehidupan.
6. Allah mengingatkan bahwa apa yang dilakukan Iblis pada dasarnya hanyalah TIPUAN belaka. Iblis menipu kepada manusia dengan kedudukan, pangkat, jabatan, harta benda, wanita, hobi dan segala macam yang diukai manusia.

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !